Rabu

Bikin Tulisan Arab Di Fb,twitter,Myspace dll....


Di facebook, myspace, friendster, ataupun di forum-forum online, selain huruf-huruf tulisan yang terbalik, saya juga sering menemukan user yang menggunakan tulisan berhuruf Arab. Apakah mereka menggunakan keyboard berhuruf Arab? Atau sistem operasi (Windows) mereka telah diinstal dengan interface bahasa Arab?


Bisa jadi seperti itu. Tapi sebenarnya anda tidak perlu repot-repot membeli keyboard dengan design papan tombol berhuruf Arab, atau meng-install Arabic language pack di Windows anda. Karena saya akan menunjukkan cara yang paling sederhana dan mudah untuk melakukannya.
Di bawah ini adalah tools yang dibuat menggunakan javascript sehingga berfungsi sebagai keyboard virtual berbahasa Arab. Untuk menggunakannya, anda cukup mengetik kata atau kalimat berhuruf latin (Indonesia, Inggris, dll), dan tools ini akan secara otomatis mengubahnya menjadi tulisan berhuruf Arab. Biasanya sistem pemrograman akan mendeteksi 2-10 variasi tulisan yang bisa anda pilih, sesuai dengan yang anda inginkan. Sebagai contoh, kata Tahan”, bisa jadi menggunakan huruf Ta, atau Tho, sehingga akan ada 2 variasi yang bisa dipilih. Kalau sudah selesai, tinggal di-copy dan paste-kan pada form anda, misalnya di kaskus, MySpace, Facebook, Twitter, Yahoo, MSN, AOL, Bebo, Craigslist, Gmail, Word, YouTube, dan sebagainya.

Sayangnya keyboard virtual ini tidak menampilkan tulisan yang lengkap dengan tanda bacanya, atau yang biasa disebut tulisan Arab “gundul”. Tapi setidaknya dengan tools ini anda bisa menampilkan sesuatu yang unik pada halaman facebook, myspace, friendster, ataupun di forum-forum online.


sumber:http://www.doktertomi.com/2009/05/30/bagaimana-cara-mengetik-tulisan-berhuruf-arab/

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j: :k: :L: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

ketik huruf emo bila kasih emotion di komentar Agan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...