Rabu

Rahasia Komunikasi Gajah

Para peneliti di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat tengah memelajari apa yang selama ini disebut bahasa rahasia gajah. Para ilmuwan ini telah memantau komunikasi antarhewan yang tidak bisa didengar telinga manusia. 


Manusia mungkin hanya bisa mendengar lengkingan suara gajah yang mirip suara terompet. Namun, gajah ternyata juga menghasilkan suara geraman. Nah, suara geraman gajah ini hanya sebagian kecil saja yang tertangkap telinga manusia. Dua pertiga suara itu, seperti dilansir BBC, Selasa (23/2), dihasilkan dalam frekuensi yang terlalu rendah untuk ditangkap telinga manusia.

Demi memelajari suara-suara yang tak terdengar ini maka para peneliti memasang sebuah mikrofon yang sangat sensitif untuk menangkap frekuensi rendah. Juga memasang sebuah GPS pelacak pada delapan gajah betina di kebun binatang itu.

Dari hasil yang diperoleh, para peneliti kemudian bisa menyesuaikan antara suara-suara yang dihasilkan para gajah itu dengan apa yang mereka sedang lakukan. "Kami sangat antusias mempelajari sistem hirarki dalam kelompok gajah betina ini dan bagaimana mereka beinteraksi satu dengan lainnya," kata pimpinan proyek penelitian Matt Anderson.

Tim ini sudah memelajari bahwa gajah betina yang tengah hamil menggunakan suara berfrekuensi rendah ini untuk memberitahu kelompoknya bahwa dia akan segera melahirkan. "Kami sudah memantau selama dua tahun lebih. Dan dalam 12 hari terakhir kami mengetahui penggunaan eraman berfrekuensi rendah itu, eraman rendah yang bisa kami dengar," kata Anderson.

Suara-suara itu, lanjutnya, diyakini merupakan pemberitahuan kepada gajah-gajah lain bahwa seekor bayi akan segera lahir. Selain itu, para peneliti juga yakin eraman ini juga merupakan peringatan atau tanda bahaya agar para gajah ini mewaspadai kemungkinan datangnya para hewan pemangsa.

"Anda mungkin berpikir bayi gajah seberat 150 kg tidak akan menghadapi bahaya dari para pemangsa. Namun, di alam bebas sekelompok hyena merupakan ancaman yang sangat berbahaya."

Kini Matt Anderson dan timnya terus menganalisis data untuk memelajari lebih lanjut soal bahasa rahasia para gajah ini.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j: :k: :L: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

ketik huruf emo bila kasih emotion di komentar Agan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...