Sabtu

Dana Rp 20 Miliar Untuk Siswa Peraih Medali di Olimpiade Internasional,Mantab...

Pemerintah berkomitmen memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang berprestasi di ajang olimpiade internasional. Jaminan beasiswa itu akan diberikan sampai janjang strata tiga.

Wakil Menteri Pendidikan Fasli Jalal mengatakan jaminan beasiswa itu merupakan bentuk penghargaan bagi pelajar-pelajar berprestasi. "Kita menghargai kemampuan lebih mereka, jangan sampai mereka mengemis-ngemis beasiswa ke luar negeri," kata Fasli saat dihubungi Tempo, Sabtu (17/4).

Pelajar yang mendapat medali emas, kata dia, dijamin beasiswa hingga ke jenjang S3. Untuk peraih medali perak dijamin hingga jenjang S2, dan medali perunggu dijamin hingga S1. "Terserah dimanapun mereka mau melanjutkan pendidikan," kata Fasli.

Jaminan beasiswa itu, kata Fasli, diberikan bagi peraih medali di ajang olimpiade internasional tertentu. Kriteria olimpiade internasional itu antara lain olimpiade tersebut diadakan secara reguler oleh negara atau lembaga, diikuti minimal 15 negara lintas benua, dan pelajar Indonesia yang mengikuti olimpiade dimaksud disaring secara berjenjang mulai dari olimpiade tingkat kabupaten atau kota.

Saat ini, kata Fasli, ada delapan olimpiade internasional yang sudah ditetapkan Kementerian Pendidikan Nasional seperti kategori di atas. Olimpiade tersebut, antara lain, adalah olimpiade fisika, matematika, dan astronomi.

Di luar olimpiade di atas, pemerintah pun tetap memberikan beasiswa. Bedanya, peraih medali emas di luar delapan olimpiade di atas hanya boleh memilih pada strata tertentu. "Misalnya, dia memilih beasiswa untuk S1 saja, atau S2, atau S3," kata dia.

Untuk menjamin semua beasiswa tersebut pemerintah telah menyediakan dana Rp 20 milyar untuk tahun anggaran 2010. Jumlah ini masih sama dibanding tahun lalu yang juga menganggarkan dana Rp 20 milyar. Pada 2009, dari jumlah anggaran yang disediakan, dana yang terpakai mencapai Rp 18 milyar.
sumber

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j: :k: :L: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

ketik huruf emo bila kasih emotion di komentar Agan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...