Senin

Rahasia Dibalik Lukisan Senyum Mona Lisa Terungkap


Rahasia Dibalik Lukisan Senyum Mona Lisa. Ilmuwan Prancis berhasil memecahkan teka-teki rahasia dibalik lukisan “Senyum Mona Lisa” karya pelukis legendaris Leonardo da Vinci di Lovre Museum. Mereka menemukan lukisan da Vinci dibuat dengan teknik lapis ekstratipis dan menerapkan 30 lapisan yang mengagumkan. Setiap lapis memiliki ketebalan kurang dari 40 mikrometer atau setengah dari ketebalan rambut.

Selain meneliti lukisan “Mona Lisa Smile”, para ilmuwan dari Pusat Penelitian dan Restorasi Museum Prancis itu juga menganalisa enam lukisan Leonardo da Vinci lainnya dengan teknis X-ray fluorescence spectroscopy untuk mempelajari lapisan cat bertumpuk, glasir dan komposisi kimianya.

Proyek yang dikembangkan melalui kerjasama dengan European Synchrotron Radiation Facility di Grenoble dilengkapi peralatan berteknologi tinggi, menemukan bahwa Leonardo da Vinci memakai teknik yang disebut “Sfumato”, memungkinkan da Vinci memberikan garis besar dan kontur kualitas yang kabur serta menciptakan ilusi kedalaman dan bayangan dengan tekniknya, walaupun harus dilakukan tes sampel dari lukisan.

Analisis dalam lukisan senyum Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, menggunakan oksida mangan untuk menciptakan dimensi, tembaga dan glasir. Para ilmuwan mengungkap bahwa da Vinci terus mencoba metode baru dalam setiap karyanya.

Sebuah catatan sejarah mengungkap rahasia dibalik lukisan Mona Lisa Smile adalah lukisan Lisa Gherardini istri Francesco del Giocondo asal Florence. Da Vinci mulai melukis itu pada tahun 1503 dan butuh 4 tahun untuk menyempurnakan lukisan Mona Lisa.


sumber

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j: :k: :L: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

ketik huruf emo bila kasih emotion di komentar Agan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...