Jumat

Daftar Harga Ganti Sapi Yang Terkena Bencana Merapi


Kementerian Pertanian sudah menetapkan hitungan untuk penggantian sapi korban Merapi. Namun hingga saat ini, pendataan jumlah sapi baik mati maupun hidup masih dilakukan, termasuk sosialiasi mengenai program penggantian tersebut.
"Sapi akan diganti sesuai ratifikasinya, tujuannya untuk memberi ketenangan pada peternak sehingga tidak khawatir terhadap ternaknya," ujar Menteri Pertanian Suswono usai konferensi pers, di Jakarta Convention Center, Jumat (12/11).


Berdasarkan data pada 7 November, kata dia, tercatat ada 61.884 sapi di seluruh kawasan Gunung Merapi. Dan sebanyak 868 sapi telah dievakuasi yang tersebar di 19 titik penampungan. "Sebenarnya kan yang diinginkan peternak sapi itu adalah jaminan sapi selamat dan ketersediaan pakan ternak," ungkapnya.

Suswono juga mengungkapkan selama ini warga di lereng Gunung Merapi hanya mau memberikan ternaknya dengan pakan rumput, padahal saat ini rumput sulit didapat di sekitar Merapi. Karena itulah, ia meminta warga Merapi mau memberikan ternaknya dengan pakan jerami. "Ini juga jadi pembelajaran bagi petani lereng gunung yang hanya memberikan ternaknya makan rumput," ujarnya.

Berikut harga sapi yang akan diganti berdasarkan keterangan Menteri Pertanian:

1. Untuk sapi yang mati karena erupsi Merapi:
-Anak sapi (pedet) : Rp 5 juta
-Sapi dara : Rp 7 juta
-Sapi dara bunting : Rp 9 juta
-sapi laktasi/perah : Rp 10 juta

2. Untuk sapi hidup akan dihitung berdasarkan berat badannya:
-Sapi jantan potong : Rp 22 ribu/kilogram
-sapi betina tidak laktasi dan tidak bunting : Rp 20 ribu/kilogram




Sumber

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j: :k: :L: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

ketik huruf emo bila kasih emotion di komentar Agan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...